Kegiatan Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Tahun Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022

Penilaian Tengah Semester adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara standar sekolah dengan tujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara standar sekolah pada mata pelajaran tertentu. Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan salah satu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah dijalani selama enam bulan (satu semester). Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) diberikan sebagai kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian kompetensi siswa selama satu semester. Hasil PAS selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa.

Pada tanggal 21 Maret 2022 – 26 Maret 2022 telah dilaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk kelas 7 dan Kelas 8, serta Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas 9 Tahun Pelajaran 2021/2022, Penilaian diadakan di sekolah yang terbagi dalam dua sesi. Satu sesi terdiri dari dua mata pelajaran yang diujikan. Sesi 1 pukul 07:30 s.d. 09:30 dan sesi 2 pukul 09:30 s.d. 11:30. PTS & PAT Semester Genap di SMP Negeri 1 Kapongan berjalan dengan tertib dan sesuai protokol kesehatan

Kegiatan evaluasi melalui pelaksanaan Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Tahun pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan (sekolah) melalui guru untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai waktu yang diprogramkan. Hasil itu sendiri dapat menjadi bahan tindak lanjut bagi guru untuk meneruskan, mengulang, memberi perbaikan (remedial) atau bahkan memberikan pengayaan baik secara klasikal maupun individual. Dari hasil analisis tersebut guru dapat mengevaluasi program pengajaran yang telah dilaksanakan dan membuat rencana pengajaran yang berkesinambungan.

Selain untuk mengukur keberhasilan guru dalam menyampaikan materi, kegiatan PTS dan PAT juga merupakan evaluasi terhadap siswa untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi yang dimilikinya dan merupakan keterpaduan dari seluruh materi yang diterima selama siswa tersebut belajar.