Kegiatan Pondok Ramadhan 1443 Hijriyah Siswa - Siswi SMPN 1 Kapongan Tahun 2022

smpn1kapongan.sch.id(09/04/2022). SMPN 1 Kapongan melalui Wakasek kesiswaan dan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melaksanakan kegiatan yang diperuntukan untuk siswa-siswi pada bulan ramadhan, salah satunya adalah kegiatan pondok Ramadhan  1443 hijriyah.  Bulan Ramadan tahun ini terasa berbeda dibanding tahun-tahun kemarin, dimana tahun kemarin hanya melaksanakan Pondok Ramadhan melalui daring. Hal ini disebabkan umat muslim di seluruh dunia khususnya Indonesia harus menjalankan ibadah puasa di tengah maraknya pendemi Covid-19.  Dan sekarang siswa SMP Negeri 1 Kapongan bisa melakukan Pondok Ramadhan di sekolah secara tatap muka. 

Kepala SMP Negeri 1 Kapongan, Bapak Mohammad Zuhri Efendi, S.Pd mengungkapkan kegiatan Pondok Ramadan ini dilaksanakan sebagai penyemangat siswa dalam mengisi kegiatan positif selama bulan Ramadan dan bulan-bulan setelahnya. “Kegiatan Pondok Ramadan ini sebagai penyemangat para siswa di saat Ramadan. Kegiatan selama di bulan Ramadhan, selain pembelajaran keagamaan, ada juga aktivitas ibadah lainnya, ”jelasnya.

Kegiatan Pondok Ramadhan 1443 Hijriyah di bulan suci ini digelar SMPN 1 Kapongan secara tatap muka. Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari berturut turut yang dimulai tanggal 06 April hingga 09 April 2022 tersebut diikuti seluruh siswa dengan pembagian per harinya dimulai dari siswi putri tanggal 06 April & 07 April 2022 serta siswa putra tanggal 08 April & 09 April 2022. mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Seperti tahun ini meski ditengah pandemi, sekolah tetap menggelar kegiatan Pondok Ramadhan sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Situbondo dan serta dalam upaya membentuk budi pekerti dan karakter siswa. Kendati dilakukan secara tatap muka, namun sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan.