Kerja Bakti dan Penghijauan Lingkungan Sekolah

Setelah Kegiatan Penilaian Akhir Semester Genap tahun ajaran 2020 / 2021 selesai, tepatnya di tanggal 09 - 10 Juni di SMPN 1 Kapongan mengadakan kegiatan kerja bakti dan penghijauan lingkungan sekolah bersama Guru dan siswa. Karena lingkungan sekolah adalah tempat dimana guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar yang membutuhkan konsentrasi. Pentingnya penghijauan untuk mengurangi peristiwa global warming, penghijauan sangat penting bagi sekolah, selain menyejukkan udara disekitarnya, dapat pula memperindah pemandangan.

Penghijauan tidak hanya menanam pohon, dengan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah, serta membuang sampah pada tempatnya juga termasuk penghijauan. Salah satu cara kecil yang dilakukan adalah menyediakan tempat sampah disetiap ruangan kelas dan lingkungan sekolah. Tujuan Penghijauan adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup, untuk meningkatkan daerah yang asri, serasi, lestari serta untuk melaksanakan pembangunan yang berwawasan lingkungan. 

Sedang Manfaat Penghijauan antara lain ; mengurangi polusi, mengurangi partikel debu, pendidikan Lingkungan di Sekolah, Sarana Pembelajaran, Lingkungan sekolah menjadi asri, Sebagai penghasil oksigen, Lingkungan sekolah menjadi lebuh sejuk, Menambah persediaan air bagi komponen abiotik.