Ujian Praktek Kelas IX SMP Negeri 1 Kapongan Tahun Pelajaran 2021/2022

Ujian praktik kelas IX SMP Negeri 1 Kapongan sudah selesai diadakan, ujian berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 28 Maret 2022 - 01 April 2022. Adapun ujian praktik yang dilaksanakan meliputi mata pelajaran agama seperti praktek sholat, menghafal  surat - surat pendek dan membaca Al - Qur'an serta mata pelajaran umum meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Prakarya, PJOK, IPA, IPS, Bahasa daerah dan Seni Budaya.

Beberapa minggu sebelumnya, guru mata pelajaran telah memberikan tugas dan arahan mengenai materi yang akan diujikan. Diantara ujian praktik yang diujikan yaitu praktik membuat donat untuk mata pelajaran prakarya yang berkolaborasi dengan mata pelajaran IPA karena menggunakan ragi untuk proses fermentasi. Hasil praktek kue donat ini akan di gelar bazar untuk di jual kepada siswa - siswi kelas 7 dan kelas 8 yang sedang melaksanakan classmeeting antar kelas pada saat yang bersamaan dengan ujian praktek kelas IX  , praktik atletik mata pelajaran PJOK, menyanyikan lagu nasional dan lagu daerah mata pelajaran bahasa Indonesia, membuat figura foto mata pelajaran seni budaya dan sebagainya.

Tujuan ujian praktik ini adalah untuk mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar psikomotor, kecakapan, dan keterampilan siswa pada akhir jenjang satuan pendidikan pada mata pelajaran yang telah ditentukan serta mampu mempertanggung jawabkan pelaksanaan pembelajaran dan keterampilan siswa selama belajar di SMP Negeri 1 Kapongan.

“Dengan adanya pelaksanaan ujian praktik ini, kami mengharapkan antara teori dengan praktik dapat disinkronkan dan dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari- hari,” ungkap Kepala Sekolah, Bapak Mohammad Zuhri Efendi, S.Pd.