Workshop Pemahaman Growth Mindset Untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik & Tenaga Kependidikan di SMPN 1 Kapongan

SMP Negeri 1 Kapongan merupakan salah satu sekolah dengan jumlah Tenaga Pendidik sebanyak 25 orang dan Tenaga Kependidikan sebanyak 9 orang, untuk meningkatkan kompetensi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, sekolah mengadakan kegiatan workshop bertema "Workshop Pemahaman Growth Mindset Untuk Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan di ruang pertemuan SMPN 1 Kapongan". Penerapan growth mindset dalam belajar merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ini adalah metode pendidikan yang membantu siswa menyadari potensi mereka dan mendorong mereka untuk mengembangkannya dengan berfokus pada bakat dan kemampuan mereka daripada kekurangannya.

Growth mindset adalah cara berpikir tentang kapasitas atau bakat seseorang sejak kecil. Seseorang yang memiliki pola pikir ini memahami bahwa kemampuan dan bakatnya dapat terus berkembang dengan kerja keras dan dedikasi. Ia menanamkan pola pikir untuk terus belajar dan memahami dunia. Seseorang yang memiliki mindset berkembang atau growth mindset cenderung ingin mendapatkan proses pembelajaran yang penting (bermakna) dan memiliki pengaruh dalam hidupnya. Dia tidak hanya ingin terlihat pintar atau ingin menguasai masalah. Sedangkan Fixed mindset atau yang bisa diartikan sebagai pola pikir tetap, adalah sebuah penggambaran tentang orang-orang yang percaya bahwa kualitas, kecerdasan, atau bakat mereka merupakan sifat yang sudah tetap (oleh karenanya tidak dapat berubah).

Dengan kegiatan ini diharapkan Tenaga pendidik dan Tenaga Kependidikan dapat merubah pola pikir dari fixed mindset menjadi growth mindset. Fixed mindset sangat tidak diharapkan dalam sebuah lembaga karena dengan pola pikir ini maka kualitas sebuah lembaga akan megalami stagnan bahkan penurunan yang signifikan.Untuk menumbuhkan growth mindset Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan maka salah satu upaya awal adalah melaksankan kegiatan workhshop dengan menghadirkan nara sumber dari pengawas dalam hal ini Bpk Muqosim, M.MPd.