Laksanakan Persami SMPN 1 Kapongan Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa

Kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu atau yang biasa dikenal dengan istilah PERSAMI Pramuka Penggalang Tingkat SMP, telah dilaksanakan oleh peserta didik kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Kapongan. Kegiatan ini didampingi oleh Pembina Pramuka SMP, Kak Drs. Karyono, M.MPd., Kak Mohammad Zuhri Efendi, S.Pd, dan dari kakak - kakak DKR Kapongan serta kakak - kakak DKC Situbondo

Sebelum kegiatan PERSAMI resmi dibuka, seluruh peserta mendirikan tenda terlebih dahulu dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan upacara pembukaan dan selama kegiatan PERSAMI berlangsung. Diperlukan kekompakan dan kerjasama dalam membangun tenda tempat mereka berlindung dan beristirahat. Acara pembukaan kegiatan PERSAMI ini, dipimpin langsung oleh Kak Mohammad Zuhri Efendi, S.Pd. Kegiatan diawali dengan Upacara pembukaan pada hari Sabtu, 04 November 2023. Kegiatan dibuka secara simbolis dengan yel-yel semangat Pramuka SMP Negeri 1 Kapongan. Makna yel-yel tersebut bahwa peserta didik agar semangat dalam mengikuti kegiatan PERSAMI hingga selesai.

Setelah upacara pembukaan selesai peserta PERSAMI mulai mempersiapkan diri untuk membersihkan sekitaran halaman tempat tenda didirikan agar nyaman untuk beristirahat malam. Kemudian dilanjutkan dengan mandi dan sholat maghrib. Ba’da maghrib kegiatan dilanjutkan dengan makan malam dan sholat isya berjamaah. Setelah itu peserta PERSAMI di minta untuk bersiap - siap untuk kegiatan upacara Api unggun dan Malam gebyar seni yang berlangsung hingga pukul 22.00 WIB. setelah itu peserta persami diminta untuk beristirahat untuk persiapan kegiatan tengah malam.

Pukul 01.00 WIB, peserta PERSAMI dibangunkan & dilaksanakan sikap kesiap-siagaan, kemudian dilanjutkan kegiatan mengirim pesan dan renungan malam hingga pukul 03.00 WIB peserta PERSAMI diminta untuk beristirahat dan tidur. Ketika menjelang pagi, dilaksanakan Sholat subuh, senam pagi, mandi, dan sarapan. Setelah itu dilaksanakan kegiatan menjelajah dengan mempraktekkan materi yang telah dipelajari selama kegiatan latihan rutin pramuka setiap hari Sabtu, hingga kegiatan menjelajah selesai dan dilanjutkan dengan review dan upacara penutupan.