Pelaksanaan Asesmen Bakat Minat (ABM) Kelas 9 Tahun Ajaran 2023 / 2024

Kamis, 22 Februari 2024, SMP Negeri 1 Kapongan ikut menyelenggarakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) dari pusmendik. Asesmen ini merupakan Asesmen pertama kali yang dilakukan oleh pusmendik untuk mengukur taraf bakat dan minat siswa kelas 9 smp sederajat secara skala nasional. Siswa siswi kelas 9 melaksanakan kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) yang di jadwalkan mulai tanggal 19 Februari hingga 01 maret 2024. SMP sederajat bebas memilih jadwal yang telah di berikan oleh pusmendik. Sementara ABM ini berlangsung selama 2 hari di SMPN 1 Kapongan yaitu pada tanggal 22 – 23 Februari 2024 yang dilaksanakan di 3 Lab. Komputer.

Tujuan utama dari ABM adalah untuk memprediksi kemampuan peserta didik dalam bidang - bidang khusus dan untuk mengidentifikasi minat mereka berdasarkan ketertarikan pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan. Dengan demikian, diharapkan ABM dapat membantu menempatkan peserta didik pada bidang keahlian yang sesuai, sehingga dapat memunculkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Aspek yang diukur dalam Asesmen Bakat ini mencakup kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa. Selain itu, ABM juga dilengkapi dengan Asesmen Minat untuk lebih memperdalam pemahaman terhadap minat individual peserta didik.

Dalam pelaksanaannya, peserta didik akan menjalani serangkaian tes dan penilaian yang didesain secara khusus sesuai dengan standar ABM. Berisi 160 soal untuk tes bakat sedangkan untuk tes minat berisi 108 soal. Laporan hasil tes siswa baru dapat diunduh pada 11 maret 2024 pada laman ABM. Hasil dari ABM ini nantinya akan menjadi dasar bagi pihak sekolah dalam memberikan arahan dan rekomendasi mengenai pilihan bidang keahlian yang tepat bagi setiap peserta didik.

Kepala SMP Negeri 1 Kapongan, Ibu Muyati SPd, M.Pd menyatakan bahwa pihak sekolah sangat antusias dengan implementasi ABM ini. Kami percaya bahwa ABM akan membantu peserta didik kami dalam mengenal potensi dan minat mereka sendiri secara lebih baik. Dengan demikian, kami memberikan pendampingan dan bimbingan yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan individual masing - masing peserta didik serta bisa menjadi bahan pertimbangan bagi peserta didik kelas 9 untuk memilih sekolah tingkat lanjut setelah tamat di SMP, ungkapnya. Diharapkan, melalui program ABM ini, peserta didik di SMP Negeri 1 Kapongan akan semakin termotivasi dan merasa nyaman dalam mengeksplorasi minat serta mengembangkan potensi mereka untuk masa depan yang lebih cerah