Sabtu Bersih: Program Pembiasaan Spensakap

Sekolah sehat di definisikan sebagai lingkungan sekolah dengan kondisi yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk ditempati saat melakukan aktivitas di sekolah. Dalam rangka menjadikan sekolah yang sehat, maka selayaknya lingkungan harus dipelihara dengan baik. Lingkungan termasuk air, tumbuhan, tanah serta penataan ruang yang hendaknya dipelihara dari berbagai macam pencemaran.

 Menjaga kebersihan lingkungan sekolah sangatlah berguna karena dengan lingkungan yang bersih tercipta kehidupan yang nyaman, sejuk, dan sehat. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, maka kita dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat. Lingkungan pun menjadi lebih sejuk dan bebas dari polusi udara dan kita pun lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari - hari di sekolah. Lingkungan yang bersih dapat mendorong semangat belajar siswa dan kebersihan lingkungan juga dapat menjadi keunggulan sekolah.

Kegiatan ini merupakan program pembiasaan Sekolah SMP Negeri 1 Kapongan yang biasa juga di sebut Sabtu bersih atau disingkat Saber. Sabtu bersih ini adalah kegiatan rutinitas dan berkala SMP Negeri 1 Kapongan, yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali dan tepat pada hari sabtu. Selain sebagai upaya pelestarian lingkungan program ini juga diharapkan mampu menumbuhkan karakter cinta akan lingkungan serta perilaku hidup sehat dan bersih peserta didik.

Semua warga sekolah wajib mengikuti kegiatan SABTU BERSIH sebagai wujud kerbersamaan dan gotong royong semua warga sekolah berpartisipasi dalam kegiatan SABTU BERSIH. Hal yang lebih utama adalah selalu menghimbau semua warga sekolah turut menjaga dan merawat kebersihan serta keindahan sekolah. Dengan kegiatan tersebut diharapkan mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan. Secara keseluruhan, kebersihan, dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah.