Siswa - Siswi SMPN 1 Kapongan Ikut Meriahkan Pawai Lampion Perayaan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah di Situbondo

SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelar pawai lampion dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1445 Hijriyah, Selasa (18/7/2023) malam. Pawai tersebut menempuh jarak sekitar satu kilometer, dengan start di Alun-alun Kota Situbondo dan finish di depan Kantor BRI Cabang Situbondo. Pawai lampion yang diawali dengan pesta kembang api selama 10 menit itu. Kemudian arak-arakan pawai dilepas langsung oleh Bupati Situbondo Karna Suswandi. Total 62 sekolah di Kabupaten Situbondo yang menjadi peserta pawai. Dengan rincian SMA/SMK dan MA 18 sekolah, SMP 32 sekolah, serta MTs 12 sekolah.

"Kami sengaja menggelar pawai lampion menyambut tahun baru Islam untuk mengingat hijrah Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah. Yakni untuk menyebar agama Islam,"ujar Bupati Situbondo, Karna Suswandi. 

Pawai lampion ini merupakan kali keduanya dilaksanakan sejak Karna Suwandi menjabat sebagai Bupati Situbondo yaitu di tahun 2022 dan 2023 sekarang. Tahun 2023 ini merupakan acara yang paling ramai pesertanya. Siswa - Siswi SMPN 1 Kapongan yang di wakili oleh anggota OSIS dan di dampingi Guru pendamping mengikuti pawai lampion ini secara sukacita. Proses Pembuatan Lampion di kerjakan sendiri oleh Bapak / Ibu Guru dan Staf Tata Usaha dan di bantu anggota siswa - siswi OSIS yang memenfaatkan bahan bekas yaitu dari galon bekas.