SMPN 1 Kapongan Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK ) Utama Gelombang 2 Tahun 2023

Rabu tanggal 20 September 2023 melaksanakan ANBK Utama Gelombang 2 pada Tahun Ajaran 2023/2024 dengan materi Latihan Soal, Literasi dan Survey Karakter. Jadwal untuk gelombang 1 telah di laksanakan 2 hari sebelumnya yaitu tgl 18 September dan 19 September 2023 yang di tentukan oleh Kemdikbudristek. Pelaksanaan ANBK di bagi menjadi 3 Ruang Laboratorium Komputer. Setiap ruangan masing - masing terdiri dari 15 orang siswa/i. Peserta ANBK utama sendiri adalah siswa/i kelas 8 yang di pilih oleh sistem secara acak. Masing - masing kelas 8A, 8B dan 8C di wakili oleh 15 orang siswa/i.


Hari kedua Kamis 21 September 2023 dimulai pada pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.40 WIB. Jenis Asesmen Siswa di hari kedua ANBK Utama yaitu Numerasi. Terbagi atas Latihan Soal (20 menit), Numerasi (90 menit), dan Survei Lingkungan Belajar selama 10 menit. Numerasi diartikan sebuah keterampilan dan pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman angka, simbol maupun analisis informasi kuantitatif. Jadi bisa dikatakan juga bahwa numerasi ada kaitannya dengan matematika.


Kegiatan ANBK Utama menggunakan moda full online untuk pertama kalinya selama ANBK di gelar, tidak seperti tahun - tahun sebelumnya yang menggunakan moda semi online yang membutuhkan server lokal dengan proses sinkronisi dengan jadwal yang telah tersedia di salah satu menu website https://anbk.kemdikbud.go.id/. ANBK utama gelombang 2 alhamdulillah berjalan dengan lancar meskipun terdapat sedikit kendala tetapi alhamdulillah segalanya dapat teratasi dengan baik sehingga peserta ANBK utama dapat mengerjakan hingga waktu yang sudah di tentukan.