Tingkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi, Siswa - Siswi SMPN 1 Kapongan Ikuti Gladi Bersih ANBK Gelombang 2 Tahun 2023

SMPN 1 Kapongan, Hari Rabu tanggal 13 September 2023 melaksanakan Gladi Bersih ANBK Gelombang 2 pada Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan materi Latihan Soal, Literasi dan Survey Karakter. Jadwal untuk gelombang 1 telah di laksanakan 2 hari sebelumnya yaitu tgl 11 September dan 12 September 2023 yang di tentukan oleh Kemdikbudristek. Pelaksanaan Gladi Bersih ANBK di bagi menjadi 3 Ruang Laboratorium Komputer. Setiap ruangan masing - masing terdiri dari 15 orang siswa/i. Peserta Gladi Bersih ANBK sendiri adalah siswa/i kelas 8 yang di pilih oleh sistem secara acak. Masing - masing kelas 8A, 8B dan 8C di wakili oleh 15 orang siswa/i.

Kegiatan Gladi Bersih ANBK menggunakan moda full online untuk pertama kalinya selama ANBK di gelar, tidak seperti tahun - tahun sebelumnya yang menggunakan moda semi online yang membutuhkan server lokal dengan proses sinkronisi dengan jadwal yang telah tersedia di salah satu menu website https://anbk.kemdikbud.go.id/. Gladi Bersih ANBK gelombang 2 alhamdulillah berjalan dengan lancar meskipun terdapat sedikit kendala tetapi alhamdulillah segalanya dapat teratasi dengan baik sehingga peserta gladi bersih dapat mengerjakan hingga waktu yang sudah di tentukan.

Gladi Bersih ANBK 2023 hari kedua Kamis 14 September 2023 dimulai pada pukul 08.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Jenis Asesmen Siswa di hari kedua Gladi Bersih ANBK yaitu Numerasi. Terbagi atas Latihan Soal (20 menit), Numerasi (90 menit), dan Survei Lingkungan Belajar selama 10 menit. Numerasi diartikan sebuah keterampilan dan pengetahuan yang berkaitan dengan pemahaman angka, simbol maupun analisis informasi kuantitatif. Jadi bisa dikatakan juga bahwa numerasi ada kaitannya dengan matematika.

Alhamdulillah berjalan dengan lancar meskipun terdapat sedikit kendala tetapi alhamdulillah segalanya dapat teratasi dengan baik sehingga peserta gladi bersih dapat mengerjakan hingga waktu yang sudah di tentukan. Adapun Susunan Panitia Kegiatan Simulasi ANBK, Gladi Bersih hingga Pelaksanaan ANBK 2023 sebagai Penanggung Jawab Bapak Mohammad Zuhri Efendi, S.Pd, Ketua Ibu Indah Ratnawati, S.S, Sekretaris/Bendahara/Proktor 3 Ibu Vivin Trimaya Diana, S.Pd, Bapak Syarif Hidayatullah, S.Pd.I sebagai Proktor 1, Ibu Yulindawati, S.Pd sebagai Proktor 2 dan Heru Trayadi Sambada, A.Md Sebagai Teknisi