Usai Libur Panjang Warga Sekolah Kerja Bakti

KAPONGAN – Kepala SMP Negeri 1 Kapongan, Bapak Mohammad Zuhri Efendi, S.Pd mengerahkan Guru, Siswa dan karyawan sekolah untuk aksi bersih - bersih di sekolah usai libur semester gasal, selasa (02/01/24). Aksi ini disambut antusias para siswa setelah berlibur sekitar dua minggu. Para siswa SMP Negeri 1 Kapongan masuk sekolah hari pertama, melaksanakan kerja bakti didampingi dengan wali kelas masing-masing.

Mereka membersihkan halaman sekolah dan ruangan kelas. Salah satu guru SMP Negeri 1 Kapongan, Ibu Indah mengatakan, di hari pertama sekolah tidak ada kegiatan belajar mengajar, dan dilakukan kerja bakti membersihkan kelas masing-masing. “Hari ini tidak ada kegiatan belajar mengajar, siswa bersama wali kelas kerja bakti. Rabu baru dimulai kegiatan belajarnya,” jelas Ibu Indah. Sampah yang menumpuk di halaman maupun lantai kelas, dikumpulkan para siswa kemudian dimasukkan ke dalam tempat sampah. Kemudian ditaruh di luar dan akan diambil oleh petugas kebersihan.

Pada pelaksanaannya, untuk para siswa membersihkan di luar ruang kelas. Sementara para siswi membersihkan dalam ruang kelas,” ungkapnya. “Kendati demikian, kalangan siswa timbul rasa memiliki dan memelihara fasilitas sekolah dan fasilitas umum lainnya seperti tidak membuang sampah sembarangan yang dapat merusak keindahan lingkungan sekolah dan kawasan lainnya,” pungkasnya.